Senin, 20 Juni 2011

Kfc merambah indutri musik [marketing-club]

Kemarin malam  saya iseng  main ke kfc kemang. Dihalaman depannya sdh berdiri sebuah panggung lengkap dengan seperangkat alat musik, soundsystem dan lighting. Diatas panggung tertera tulisan 'bebi romeo various artist'! ohh rupanya ada launching album 'bebi romeo various artist'.

Sukses dengan peluncuran album dari agnes monica 'agnes is my name ' pd 5 februari 2011 silam. Hanya berselang 3 bulan saja  Kfc  kembali melaunching album 'bebi romeo various artist'.(Yg diidalamnya. Turut pula smash,mulanjameela,ahmad dhani,the virgin, marshanda dll). Isinya semua artis yg sedang happening.

Oiya tak ketinggalan sebelum agnes monica kfc jg pernah sukses bersama indah dewi pertiwi. Yg sekarang jg sedang naik daun dan belum lama ini IDP mendapat penghargaan sbg penyanyi pendatang baru terpopuler versi sctv award.
    
Sedikit flashback. KFC, tentunya tak begitu saja punya ide memadukan bisnis ayam goreng-nya sambil berjualan CD musik. Pemicunya lantaran resto cepat saji asal Amerika Serikat yang buka sejak 1979 ini, sempat kehilangan hingga 50% pangsa pasar pada periode 1990-an.

Saya perhatikan Terobosan yg dilakukan kfc  Indonesia sekarang ini adalah merambah pada indutri musik. Caranya dengan menggandeng musisi di mulai dari musisi yg kelas indie sampai kepada musisi yg sdh masuk pada major label. Hingga pada akhirnya seiring berjalannya waktu membuat kfc  berani mengeluarkan label musik bernama KFC Music Factory dengan produk awal album kompilasi volume 1.

Dibentuknya KFC Music Factory dimana KFC mulai fokus mengorbitkan artis atau band indie yang dinilainya punya potensi untukberbicara di kancah musik Indonesia. Hingga kini, KFC sudah mengeluarkan 3 album kompilasi KFC Music Hitlist 1-3 yang merupakan album kompilasi dari musisi-musisi jebolan KFC Music Factory sebut saja seperti BONUS, Pixel, Antique, Juliette, dan lainnya. Bahkan, KFCMusic Factory juga berhasil menelurkan album solo artis yang diresponcukup bagus oleh pasar, antara lain Juliette, Antique, hingga BONUS.

Hasilnya, beberapa tahun terakhir ini sdh mulai bs dilihat arus pendapatan baru pun terwujud. Dengan jumlah  lebih dari 400 outlet yg dimiliki kfc yg tersebar secara nasional, membuat banyak label besar sptnya tertarik bekerjasama dengan KFC utk dijadikan sebagai salah satu saluran distribusi CD musik.

Maklum, dalam sebulan rata-rata KFC katanya  bisa menjual 400 CD musik per outlet! Wow cukup fantastis bukan!.cd asli loh bukan bajakan

Artinya, boleh dikatakan KFC cukup berhasil menemukan peluang bisnis yg baru tanpa harus meninggalkan main businessnya! Hal ini secara otomatis jg sangat mendongkrak kembali bisnis lamanya (menjual makanan cepat saji), ataupun bisnis barunya menggarap bidang entertainment yg fokus di bidang musik&membentuk artis manajemen..

Strategi yang digunakan KFC dalam memasarkan artis-artis mereka adalah dengan memasangkan lagu dan video klip musik-musik tersebut di geraiKFC. Sehingga, selama konsumen makan di gerai KFC, maka mereka akan dihibur oleh musik tersebut. Jika seandainya mereka menyukainya, makamereka bisa langsung memesan album tersebut di kasir. Bahkan, ketikakonsumen tiba di kasir, mereka juga sudah ditawari untuk membeli albumKFC tersebut.

Setelah Melihat perkembangan musik yg begitu bergejolak diIndonesia, maka seolah tak mau menyia2kan kesempatan Kfc dengan bisnis ayamnya langsung ikut merambah industri musik. Padahal kemarin2 kita melihat cara-cara seperti ini.  Bermain diindustri musik hanya dijadikan 'mainan' yg dikuasai oleh perusahaan tv swasta, rokok&operator sellular.

Kita lihat hampir semua tv swasta punya program musik
Begitu juga dengan perusahaan rokok hampir semua perusahaan rokok punya agenda untuk menggandeng artist/band untuk melakukan tour hingga beberapa kota. Demikian pula operator sellular bs dikatakan hampir semua provider menjadikan musik sbg NSP/ringtone. Semuanya lengkap dengan kemasannya masing2!

Bahkan sepenglihatan saya semua even yg ada dan pernah ada memang tdk terlepas dr yg namanya musik.

Yg jd pertanyaan benarkah elemen 'musik' sekarang ini merupakan salah satu cara tercepat yg cukup menjanjikan selain mendatangkan income yg lebih buat perusahaan, tetapi jg bs dijadikan sebagai ladang baru dari bisnis lama yg sdh berdiri?  


Regards,

Gilbert
Sent from my BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Media learning and teaching

Welcome to My media learning and teaching,

I hope its useful. Thanks to the sources and the author of the book